Review Oppo A31, Kelebihan, dan Kekurangannya

Kelebihan dan kekurangan hp Oppo A31 perlu Anda ketahui, terutama jika Anda bermaksud untuk membeli smartphone untuk kalangan menengah ke atas ini.

Meski sudah lama dirilis, sejak tahun 2020 silam, namun peredaran smartphone Oppo A31 masih ada sampai sekarang. Banyak yang menjual bekas dengan harga lebih rendah dibanding harga perilisan.

Tapi ketika membeli sebuah hp, jangan hanya pertimbangkan soal harganya saja. Melainkan, pertimbangkan juga keunggulan dan kekurangan dari segi performa, desain, kualitas kamera, dan sebagainya.

Kelebihan Oppo A31

Alasan itulah yang mendasari kami untuk membuat review dari Oppo A31. Pertama, kita perlu membahas terlebih dahulu mengenai keunggulan atau kelebihan dari hp tersebut.

1. Desain Mirip iPhone

Desain Oppo A31 tampaknya mengambil inspirasi dari iPhone X, terutama jika dilihat dari bagian belakang yang menampilkan kamera yang memanjang ke arah bawah.

Kemiripan ini memberikan sentuhan elegan pada ponsel ini, sementara variasi warna seperti fantasy white dan mystery black menambah pilihan personalisasi untuk pengguna.

Meskipun memiliki kesan mirip dengan iPhone, Oppo A31 mungkin mempertahankan ciri khasnya sendiri, sambil menyuguhkan pilihan desain yang menarik.

2. Memori Internal Besar

Oppo A31 memberikan nilai tambah dengan menyediakan memori internal yang besar, terutama untuk ponsel dengan harga sekitar Rp 2 jutaan.

Dengan kapasitas penyimpanan internal mencapai 128 GB, ponsel ini menawarkan ruang yang cukup besar untuk menyimpan berbagai file, aplikasi, dan media.

Baca Juga:  Berapa Kisaran Harga LCD Oppo Original di Service Center

Kombinasi RAM 4GB dan 6GB juga memberikan kinerja yang memadai, memungkinkan pengguna untuk menikmati pengalaman bermain game yang lancar dan responsif, menjadikannya pilihan menarik bagi mereka yang menginginkan kapasitas penyimpanan yang lebih besar tanpa harus mengorbankan kinerja.

3. Ada Fitur Game Space dan Soloop

Fitur Game Space pada Oppo A31 memberikan pengalaman gaming yang dioptimalkan dengan mengumpulkan semua game dalam satu tempat.

Ini tidak hanya membantu pengguna mengatur game dengan lebih efisien tetapi juga meningkatkan kinerja game itu sendiri. Selain itu, keberadaan aplikasi bawaan bernama Soloop menambah nilai lebih pada aspek kreatif pengguna.

Dengan fitur edit video seperti trim, filter, musik, dan subtitle, Soloop memberikan kesempatan bagi pengguna untuk menghasilkan konten video yang menarik dan berkualitas tanpa harus mengandalkan aplikasi pihak ketiga.

Oppo A31 menghadirkan kombinasi fitur yang menarik, baik untuk pengalaman gaming maupun kreativitas dalam pengeditan video.

Kekurangan Oppo A31

Selanjutnya, kita bahas juga mengenai kekurangan dari ponsel Oppo A31. Simak penjelasan dan uraian lengkapnya pada keterangan di bawah ini.

1. Layar Cuma HD

Salah satu keterbatasan pada Oppo A31 terletak pada layarnya yang hanya HD+. Dengan resolusi sebesar 1.600 pixel, layar ini mungkin tidak memberikan ketajaman yang diinginkan oleh pengguna yang mengharapkan visual yang lebih jelas dan tajam.

Baca Juga:  Siap-siap! Kompetisi Foto Internasional Oppo Digelar

Meskipun masih memberikan pengalaman tampilan yang memadai, kenyataannya adalah gambar dan game mungkin kurang terasa optimal ketika diputar di layar dengan resolusi yang terbatas ini.

1. Tanpa Fast Charging

Kelemahan lain yang perlu diperhatikan pada Oppo A31 adalah ketiadaan fitur fast charging, ditambah lagi dengan penggunaan port micro USB yang sudah mulai ketinggalan zaman.

Dengan kecepatan pengisian hanya mencapai 18 W, waktu yang dibutuhkan untuk mengisi daya ponsel dari 0 hingga 100% mungkin memakan waktu yang cukup lama, berkisar antara 2 hingga 2,5 jam.

Hal ini menjadi pertimbangan penting bagi pengguna yang memerlukan pengisian daya cepat dalam aktivitas sehari-hari.

3. Kamera Biasa Saja

Oppo A31 menampilkan keterbatasan pada kamera depannya dengan resolusi hanya 8 MP, memberikan hasil selfie yang mungkin terlihat kurang natural dan kurang memuaskan.

Meskipun demikian, kamera belakang dengan sensor utama 12 MP dan dukungan kamera depth serta macro masing-masing 2 MP mungkin memberikan performa yang sedikit lebih baik.

Walau tidak mencapai tingkat keunggulan pada kamera belakangnya, pengguna masih dapat mengandalkan kamera utama untuk mendapatkan hasil foto yang lebih baik daripada menggunakan kamera depan.

Kesimpulan

Itu dia sedikit review dan penjelasan dari kami mengenai kelebihan dan kekurangan Oppo A31. Semoga ini bisa jadi referensi Anda untuk memutuskan apakah akan membeli hp tersebut atau tidak.

Baca Juga:  3 Pilihan Hp Oppo Harga Rp 2 Jutaan yang Cocok Jadi Kado Lebaran

Tinggalkan komentar