4 Cara Menghemat Baterai Hp Oppo yang Boros

Tentu menjadi sebuah ketidaknyamanan jika memiliki hp Oppo yang baterainya boros. Sehingga, pasti Anda bertanya-tanya bagaimana cara menghemat baterai hp Oppo yang boros.

Sejujurnya, boros tidaknya hp Oppo tergantung dari masing-masing pemakaian pengguna. Jika Anda sering menggunakannya untuk main game, nonton YouTube, atau membuka aplikasi berat, mungkin baterai bisa lebih boros.

Tapi jika Anda ingin melalukan aktivitas tersebut tanpa membuat baterai hp Oppo menjadi boros, Anda datang ke artikel yang tepat. Karena kami di sini akan membahas cara membuat baterai Oppo lebih hemat.

Penyebab Baterai Oppo Boros

HP Oppo bisa menjadi boros baterai karena beberapa faktor yang perlu diperhatikan oleh pengguna, termasuk Anda jika Anda juga merasa baterai hp Anda boros.

Salah satu penyebab utamanya adalah kebiasaan menggunakan ponsel untuk bermain game atau menonton video di YouTube dalam waktu yang lama, aktivitas tersebut dapat membebani RAM secara berlebihan dan menguras daya baterai dengan cepat.

Selain itu, pengaturan layar yang terlalu cerah juga dapat menjadi penyebab borosnya baterai, karena layar yang terlalu terang membutuhkan lebih banyak daya untuk beroperasi.

Penggunaan berlebihan ini dapat meningkatkan beban kerja pada baterai dan mengurangi masa pakainya secara signifikan. Tak hanya itu, keberadaan terlalu banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang juga dapat menjadi penyebab borosnya baterai pada HP Oppo.

Baca Juga:  3 Cara Mengunci Jaringan 4G atau LTE di Hp Oppo

Aplikasi-aplikasi ini dapat secara terus-menerus menggunakan sumber daya perangkat, bahkan ketika tidak sedang digunakan secara aktif oleh pengguna.

Selain itu, masalah pada charger juga bisa mempengaruhi daya tahan baterai. Jika charger tidak berfungsi dengan baik atau tidak cocok dengan perangkat, proses pengisian daya bisa menjadi tidak efisien, yang berujung pada borosnya penggunaan baterai.

Terakhir, kondisi fisik baterai Oppo yang sudah rusak atau sudah melewati umur pakainya juga dapat menyebabkan borosnya baterai.

Oleh karena itu, menjaga kondisi perangkat dan memperhatikan kebiasaan penggunaan merupakan hal penting untuk menjaga daya tahan baterai HP Oppo.

Cara Menghemat Baterai Oppo yang Boros

Cara mengemat baterai Oppo yang boros terdiri dari beberapa cara, Anda bisa mengikuti satu atau seluruh tips yang sudah kami tuliskan di bawah ini.

1. Redupkan Layar Oppo

Untuk memperpanjang masa pakai baterai Oppo Anda, langkah awal yang bisa diambil adalah dengan meredupkan layar. Mengapa demikian?

Meredupkan layar akan mengurangi konsumsi daya karena intensitas cahaya yang rendah, yang pada gilirannya akan membantu mengurangi pemakaian baterai secara signifikan.

Cobalah untuk menghindari tingkat kecerahan layar yang terlalu tinggi, karena hal ini akan menyebabkan baterai lebih cepat terkuras.

2. Nyalakan Mode Hemat Daya

Salah satu fitur yang sering kali terabaikan namun sangat berguna untuk menghemat daya baterai pada perangkat Oppo adalah mode hemat daya. Hampir semua model Oppo, termasuk Oppo Reno 11F, Oppo Find X5 Pro, Oppo A60, dan sebagainya, dilengkapi dengan mode hemat daya.

Baca Juga:  Cara Menggandakan WA di Hp Oppo Menjadi Dua

Mode ini dapat diaktifkan untuk mengoptimalkan penggunaan daya perangkat dengan cara mengurangi aktivitas latar belakang yang tidak perlu, membatasi kinerja prosesor, dan mengatur parameter layar agar lebih hemat daya.

Dengan mengaktifkan mode hemat daya, Anda dapat memperpanjang waktu penggunaan perangkat tanpa harus sering-sering mengecas baterai.

3. Jangan Terlalu Banyak Buka Aplikasi

Kebiasaan membuka terlalu banyak aplikasi secara bersamaan juga dapat menjadi penyebab borosnya penggunaan baterai pada perangkat Oppo Anda.

Saat Anda membuka banyak aplikasi secara bersamaan, prosesor dan RAM perangkat akan bekerja lebih keras untuk menjalankan semua aplikasi tersebut, yang pada akhirnya akan menguras daya baterai dengan cepat.

Aplikasi seperti browser web, aplikasi streaming video seperti YouTube, atau game online, terutama yang memiliki grafis yang membutuhkan daya komputasi tinggi, dapat menjadi faktor utama dalam menguras baterai perangkat Anda.

Oleh karena itu, disarankan untuk membatasi jumlah aplikasi yang dibuka secara bersamaan agar dapat menghemat daya baterai secara efektif.

4. Pakai Fitur Dark Mode

Fitur dark mode pada perangkat Oppo juga dapat membantu menghemat daya baterai dengan signifikan, sehingga ini bisa jadi salah satu solusi yang patut Anda coba.

Mode gelap ini bekerja dengan mengubah skema warna antarmuka pengguna menjadi lebih gelap, yang pada gilirannya mengurangi kecerahan layar dan konsumsi daya yang dibutuhkan untuk menampilkan warna-warna cerah.

Baca Juga:  3 Cara Mematikan Hp Oppo Tanpa Tombol Power dengan Mudah

Dengan mengaktifkan dark mode, Anda dapat mengurangi tekanan pada baterai perangkat, terutama saat menggunakan perangkat dalam kondisi pencahayaan rendah atau gelap.

Dengan begitu, Anda dapat memperpanjang masa pakai baterai perangkat Oppo Anda tanpa harus sering-sering mengecasnya.

Kesimpulan

Artikel tentang cara menghemat baterai hp Oppo sudah selesai dibahas. Anda bisa mengikuti setiap langkah yang dijelaskan di atas agar bisa memperbaiki hp Oppo Anda yang boros.

Tinggalkan komentar