4 Cara Mengecek IMEI Oppo Asli dan Valid

Saat membeli hp Oppo baru atau bekas, Anda wajib tahu cara mengecek IMEI Oppo sendiri. Tujuannya untuk memastikan hp yang Anda dapatkan adalah perangkat yang legal.

Sebab, di masa sekarang tentu saja akan ada banyak barang tiruan yang mungkin dijual lebih murah dibanding harga aslinya. Maka dari itu, Anda wajib memastikan keaslian perangkat melalui IMEI.

Tapi bagaimana cara mengetahui dan memastikan apakah IMEI hp Oppo kita valid atau tidak? Jangan khawatir, karena OppoDito memiliki beberapa cara yang bisa Anda lakukan di bawah ini.

Apa Itu IMEI Hp Oppo?

IMEI (International Mobile Equipment Identity) pada perangkat hp Oppo terdiri dari 15 digit dan berfungsi sebagai identifikasi unik yang menunjukkan keaslian, legalitas, dan validitas perangkat.

Setiap perangkat Oppo memiliki nomor IMEI yang berbeda, dan nomor ini didaftarkan secara resmi oleh Kementerian Perindustrian (Kemenperin).

Kemenperin memastikan bahwa hp Oppo dengan IMEI yang terdaftar secara resmi dapat diakses dan digunakan secara sah di Indonesia.

Manfaat dari memiliki hp Oppo dengan IMEI yang legal sangat signifikan. Pertama, perangkat dengan IMEI yang sah dapat digunakan dengan SIM card Indonesia dan dapat terhubung ke jaringan seluler dengan normal.

Sebaliknya, jika perangkat memiliki IMEI ilegal atau tidak terdaftar, SIM card tidak akan mendapatkan sinyal, sehingga perangkat tersebut tidak dapat digunakan untuk panggilan atau layanan seluler lainnya.

Baca Juga:  Di Mana Bisa Beli Hp Oppo Online dan Offline?

Selain itu, nomor IMEI yang sah juga memungkinkan pengguna untuk melacak dan memblokir hp Oppo mereka jika perangkat tiba-tiba hilang atau lupa menaruh di mana.

Hal ini memberikan perlindungan tambahan terhadap penyalahgunaan data pribadi dan memastikan bahwa perangkat tidak dimanfaatkan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Cara Cek IMEI Hp Oppo Asli atau Tidak

Beginilah cara untuk mengetahui IMEI hp Oppo asli atau tidak. Anda bisa mengikuti petunjuk yang kami berikan di bawah ini dan mengikutinya sesuai urutan step by step berikut.

1. Lihat IMEI di Box Pembelian

Cara pertama dan paling mudah untuk mengetahui IMEI hp Oppo adalah dengan melihat langsung pada kotak pembelian. Biasanya terdapat kode IMEI di belakang box pembelian, jika hp Anda dual SIM maka akan terdapat dua IMEI berbeda.

Maka dari itu, pada saat membeli hp Oppo sebaiknya kotak pembeliannya jangan dibuang. Sebab dari sini kita bisa mengecek nomomr IMEI dengan sangat mudah dan praktis. Selain itu di dalam box pembelian juga ada kartu garansi yang tidak boleh hilang.

2. Melalui Kode USSD

Cara kedua untuk mengetahui IMEI hp Xiaomi adalah dengan mengeceknya melalui kode UMB, USSd, atau panggilan telepon. Cara ini bisa dilakukan dengan sangat mudah tanpa koneksi internet, yaitu:

  • Pada layar utama perangkat Anda, cari dan buka aplikasi “Telepon” atau “Dialer”.
  • Setelah berada di aplikasi Telepon, lihat untuk menemukan area yang menampilkan keypad untuk memasukkan nomor.
  • Gunakan keypad untuk mengetik nomor khusus *#06#. Pastikan untuk mengetik dengan benar dan lengkap.
  • Setelah mengetik nomor *#06#, selanjutnya tekan tombol ikon telepon atau “Call”. Ini akan mengirimkan perintah ke perangkat untuk menampilkan Nomor IMEI.
  • Setelah menekan tombol panggil, tunggu beberapa saat. Ponsel Anda akan melakukan pemrosesan, dan Nomor IMEI akan muncul di layar.
  • Setelah Nomor IMEI muncul, catat atau hafalkan nomornya. Nomor IMEI biasanya terdiri dari 15 digit dan merupakan identifikasi unik untuk perangkat Anda.
Baca Juga:  3 Cara Mematikan Hp Oppo A57 dengan Benar dan Aman

3. Cek IMEI Oppo Lewat Pengaturan

Pada menu pengaturan, pengguna Oppo juga dapat mengecek 15 digit nomor IMEI mereka masing-masing. Cara ini juga bisa dilakukan tanpa koneksi internet, langkah-langkahnya yaitu:

  • Buka Pengaturan di perangkat Oppo Anda dengan mengklik ikon roda gigi yang disebut “Settings”.
  • Pilih sub menu “Tentang Ponsel” atau “About Phone”.
  • Di halaman “About Phone”, cari sub menu “Tentang Perangkat” atau “About Device”.
  • Di halaman “About Device”, temukan dan catat nomor IMEI yang muncul di layar perangkat Anda.

4. Mengecek Status IMEI di Website Oppo

Melalui website resmi Oppo Indonesia, Anda juga bisa melakukan pengecekan terhadap nomor IMEI Anda yang sudah diketahui sebelumnya apakah resmi atau tidak. Langkah-langkahnya yaitu sebagai berikut.

  • Akses situs resmi Oppo Indonesia
  • Di halaman utama, pilih opsi Garansi atau Periksa Garansi
  • Isi nomor IMEI pada halaman berikutnya
  • Periksa kembali keakuratan urutan nomor IMEI
  • Tekan tombol Cari atau Periksa di bagian bawah
  • Tunggu sebentar, dan informasi keaslian IMEI ponsel Oppo akan segera ditampilkan jika nomornya terdaftar
  • Sementara untuk nomor IMEI yang tidak terdaftar, pesan “Nomor IMEI tidak terdaftar” akan muncul.

Kesimpulan

Artikel yang membahas mengenai cara mengecek IMEI hp Oppo telah selesai kami bahas, semoga artikel ini bermanfaat sehingga Anda bisa memastikan keaslian dari perangkat smartphone Anda.

Baca Juga:  4 Cara Mengatasi Hp Oppo from Phone Storage dengan Sederhana

Tinggalkan komentar