3 Cara Mengatasi Layar Mati saat Menelpon di Hp Oppo

Pernahkah Anda mengalami layar smartphone Oppo mati secara tiba-tiba pada saat kita sedang menelepon seseorang? Terutama ketika menelepon menggunakan jaringan telepon biasa?

Biasanya, layar hp Oppo mati pada saat kita menempelkan layar ke telinga. Layar juga akan mati ketika kita mendekatkan hp ke mulut pada saat ingin berbicara melalui loud speaker.

Tapi pernahkah Anda mengetahui apa penyebabnya? Kemudian, jika sudah tahu penyebabnya apakah Anda ingin menonaktifkannya, bagaimana caranya?

Penyebab Layar Mati Saat Menelepon di Hp Oppo

Saat menelepon dengan HP Oppo, pengguna mungkin pernah mengalami fenomena di mana layar tiba-tiba mati begitu perangkat didekatkan ke telinga atau mulut.

Hal ini disebabkan oleh adanya sensor proximity yang terdapat pada HP tersebut. Sensor ini dirancang untuk mendeteksi keberadaan wajah pengguna.

Sehingga ketika HP berada dalam jarak dekat dengan wajah, seperti saat menelepon, sensor secara otomatis mematikan layar untuk menghindari sentuhan yang tidak disengaja.

Fungsi utama dari fitur ini adalah untuk menghindari gangguan yang mungkin timbul selama panggilan telepon di smartphone Oppo semua tipe.

Dengan mematikan layar secara otomatis saat HP didekatkan ke telinga atau mulut, pengguna tidak perlu khawatir akan menyentuh tombol atau melakukan operasi tak disengaja pada layar yang dapat mengganggu jalannya percakapan.

Ini tidak hanya meningkatkan kenyamanan pengguna, tetapi juga memastikan bahwa pengalaman menelepon berjalan lancar tanpa interupsi dari sentuhan tidak sengaja pada layar.

Baca Juga:  4 Cara Lockscreen Password Oppo A3S dengan Mudah

Cara Mengatasi Layar Mati Saat Telepon di Hp Oppo

Setelah mengetahui bahwa penyebab layar mati saat menelepon di hp Oppo adalah aktifnya sensor proximity, maka untuk mengatasinya Anda perlu menonaktifkan sensor tersebut. Berikut adalah tutorial untuk mengatasinya.

1. Unduh Aplikasi Proximity

Langkah pertama dalam mengaktifkan mode nonaktifkan sensor Proximity di HP OPPO adalah dengan mengunduh dan memasang aplikasi Proximity Sensor Screen On Off melalui Play Store: Proximity Sensor Screen On Off.

Pastikan untuk mencari aplikasi tersebut di Play Store, kemudian ikuti langkah-langkah pengunduhan dan pemasangannya. Setelah berhasil terpasang, selanjutnya buka aplikasi tersebut di HP OPPO Anda.

2. Nonaktifkan Service Proximity

Setelah berhasil membuka aplikasi Proximity Sensor On Off di HP OPPO Anda, langkah selanjutnya adalah menonaktifkan layanan Proximity Sensor yang masih aktif.

Pada layar aplikasi, Anda akan melihat opsi “Service Enabled” yang menunjukkan bahwa layanan masih aktif. Untuk mematikannya, cukup geser toggle menu “Service Enabled” hingga berada dalam posisi off.

3. Selesai

Setelah mengikuti langkah-langkah di atas dan berhasil mematikan layanan Proximity Sensor di HP OPPO, maka secara otomatis sensor Proximity pada perangkat Anda akan menjadi nonaktif.

Dengan demikian, Anda dapat melakukan panggilan telepon biasa tanpa adanya gangguan dari sensor Proximity, namun layar HP tetap akan tetap menyala selama panggilan berlangsung. Dengan demikian, Anda telah berhasil menyelesaikan proses nonaktifkan sensor Proximity di HP OPPO.

Baca Juga:  4 Cara Membuat Nama di Layar Kunci Hp Oppo

Kesimpulan

Itulah artikel yang membahas tentang cara mengatasi layar mati saat menelpon di hp Oppo. Mudah-mudahan tutorial di atas bisa Anda ikuti dengan baik sehingga permasalahan Anda bisa teratasi.

Tinggalkan komentar