4 Cara Mengatasi Hp Oppo from Phone Storage dengan Sederhana

Pernahkah Anda mengalami masalah di hp Oppo dengan kemunculan notifikasi “From Phone Storage” secara tiba-tiba? Anda juga tidak mengetahui penyebabnya?

Maka, Anda perlu membaca artikel ini sampai tuntas. Karena pada kesempatan ini kami akan memberikan informasi kepada Anda bagaimana cara mengatasi hp Oppo from phone storage.

Namun sebelum masuk ke pembahasan inti, kita harus sama-sama mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Ada bisa melihat pada ulasan lengkap di bawah ini.

Penyebab Muncul Notifikasi Oppo From Phone Storage

Notifikasi “Oppo From Phone Storage” adalah pesan yang muncul pada perangkat Oppo semua tipe ketika memori internal hampir penuh atau bahkan sudah penuh.

Ini menandakan bahwa ruang penyimpanan perangkat hampir habis dan mengharuskan pengguna untuk segera mengatasi masalah tersebut.

Penyebab utama munculnya notifikasi ini adalah penggunaan berlebihan dari ruang penyimpanan perangkat, entah itu karena menginstal terlalu banyak aplikasi, menyimpan file besar seperti foto dan video, atau cache yang menumpuk dari penggunaan aplikasi.

Jika notifikasi ini tidak ditangani dengan cepat, bisa mengakibatkan beberapa masalah. Yang paling jelas adalah kinerja perangkat yang menurun karena ruang penyimpanan yang penuh bisa membuatnya lambat dan tidak responsif.

Selain itu, ketika ruang penyimpanan hampir penuh, pengguna tidak dapat menyimpan atau mengunduh file baru, menginstal aplikasi tambahan, atau bahkan melakukan pembaruan perangkat lunak.

Baca Juga:  Cara Mengembalikan Setelan Pabrik Oppo A37F dengan Mudah

Hal ini bisa menghambat penggunaan perangkat secara keseluruhan dan mengganggu produktivitas. Oleh karena itu, penting untuk segera mengatasi notifikasi “Oppo From Phone Storage”.

Cara Mengatasi From Phone Storage di Hp Oppo

Lihat dan bacalah panduan cara mengatasi kemunculan notifikasi “From Phone Storage” pada smartphone Oppo. Ikuti masing-masing penjelasan berikut dengan urutan yang benar.

1. Hapus Cache Aplikasi

Untuk mengatasi notifikasi “From Phone Storage” di perangkat Oppo, langkah pertama yang dapat Anda lakukan adalah membersihkan cache aplikasi.

Caranya adalah dengan membuka Phone Manager dan mengklik opsi “Clean Storage”. Selanjutnya, pilih “All app cache data”, dan dari daftar aplikasi yang muncul, pilih salah satu yang memiliki ukuran data cache besar.

Kemudian, klik “Clear” untuk menghapus semua berkas cache yang terkait dengan aplikasi tersebut, membantu membersihkan ruang penyimpanan dan mungkin mengurangi kemungkinan munculnya notifikasi tersebut di masa mendatang.

2. Bersihkan Cache Browser

Untuk meningkatkan kinerja browser di perangkat Oppo, perlu untuk secara teratur membersihkan cache yang terakumulasi.

Langkah ini dapat dilakukan dengan membuka aplikasi browser seperti Google Chrome, lalu mengklik ikon tiga titik di pojok kanan atas layar.

Pilih opsi “History”, dan dari menu yang muncul, pilih “Clear browsing data” untuk mengakses pengaturan membersihkan cache browser.

Dari sana, Anda dapat memilih jenis data yang ingin dihapus, seperti cache, cookie, dan riwayat penelusuran, untuk menjaga performa browser tetap optimal.

Baca Juga:  Cara Cek Harga Hp Oppo yang Resmi dan Akurat

3. Bersihkan Memori dengan Phone Manager

Menggunakan fitur Phone Manager di perangkat Oppo dapat menjadi cara efektif untuk membersihkan memori dan mengoptimalkan ruang penyimpanan.

Langkah-langkahnya cukup sederhana, yaitu dengan membuka aplikasi Phone Manager dan mengklik opsi “Clean Storage”.

Selanjutnya, pilih “Clear All” untuk memulai proses penghapusan berkas sampah secara otomatis, yang meliputi cache, file sementara, dan berkas tidak terpakai lainnya.

Dengan melakukan ini secara berkala, Anda dapat memastikan bahwa perangkat Oppo Anda tetap berjalan dengan lancar dan memiliki ruang penyimpanan yang cukup untuk kebutuhan sehari-hari.

4. Hapus Berkas Media di WhatsApp

Untuk mengelola ruang penyimpanan di perangkat Oppo, Anda juga dapat membersihkan berkas dan media yang terakumulasi di aplikasi WhatsApp.

Langkah pertama adalah membuka aplikasi WhatsApp dan mengakses pengaturan dengan mengklik ikon tiga titik di pojok kanan atas layar.

Dari sana, pilih opsi “Setelan” dan kemudian “Penyimpanan dan data” untuk masuk ke menu pengaturan penyimpanan. Di dalamnya, Anda akan menemukan opsi “Kelola Penyimpanan”.

Opsi tersebut memungkinkan Anda untuk memilih chat dan media yang ingin dihapus, seperti foto, video, dan file yang telah dikirim atau diterima melalui WhatsApp.

Dengan melakukan ini secara teratur, Anda dapat mengoptimalkan ruang penyimpanan di perangkat Oppo Anda dan mengurangi risiko kehabisan ruang penyimpanan.

Kesimpulan

Uraian lengkap tentang cara mengatasi notifikasi From Phone Storage pada hp Oppo sudah selesai dibahas. Anda bisa mengikuti panduan di atas jika menemukan masalah tersebut.

Baca Juga:  4 Cara Mengecek Garansi Oppo Masih Berlaku Tidak

Tinggalkan komentar