Cara Cek Layar Hp Oppo Berfungsi Normal atau Rusak

Setiap perangkat tentu saja memiliki batas penggunaan, karena jika digunakan scara berlebihan dan terus menerus maka bisa saja layar sebuah hp bisa menjadi rusak, termasuk hp Oppo.

Jika kita menemukan ketidaknormalan pada layar, entah itu karena ada blind spot, garis warna hijau, merah, biru, atau flex tertentu, kita perlu mengeceknya lebih lanjut.

Kenapa harus dicek dulu? Karena bisa saja itu bukan error pada layar, melainkan pada komponen lain seperti kabel, konektor, dan masih banyak lagi. Untuk itu, kita bahas seluruhnya secara lengkap.

Penyebab Layar Hp Oppo Rusak

Penyebab internal yang dapat menyebabkan layar hp Oppo rusak antara lain adalah kerusakan komponen internal seperti motherboard, chipset, atau kabel yang menghubungkan layar dengan bagian dalam perangkat.

Komponen-komponen ini dapat mengalami kerusakan akibat faktor usia, overheat, atau kegagalan sistem yang dapat menyebabkan layar menjadi tidak responsif atau bahkan mati total.

Sementara itu, penyebab eksternal yang umum adalah karena terjatuh, terkena benturan, atau terkena cairan seperti air atau minyak yang menyebabkan layar menjadi rusak.

Benturan yang keras dapat menyebabkan retak atau pecahnya layar, sedangkan cairan dapat merusak komponen internal yang ada di dalam layar.

Penggunaan yang kasar atau tidak hati-hati juga dapat mempercepat kerusakan layar hp Oppo. Oleh karena itu, penting untuk menjaga perangkat dengan baik dan menghindari situasi yang dapat menyebabkan kerusakan fisik pada layar.

Baca Juga:  5 Cara Scan Wifi di Hp Oppo Jika Lupa Password

Cara Mengecek Layar Hp Oppo Rusak atau Tidak

Berikut di bawah ini kami akan menjelaskan kepada Anda cara mengecek layar hp Oppo rusak atau tidak. Silahkan simak penjelasannya pada ulasan di bawah berikut ini.

1. Cek Layar Menggunakna Kode Rahasia

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengecek layar hp Oppo adalah menggunakan kode rahasia yang bisa diketik pada menu panggilan. Kode rahasia ini mirip seperti SMS sehingga bisa Anda ketik dan panggil tanpa koneksi internet.

  • Kode *#800# : untuk mengakses Engineer Mode, bisa digunakan untuk menampilkan fitur perangkat keras pada layar hp Oppo
  • Kode *#808# : untuk mengakses fitur Engineering, bisa digunakan untuk memeriksa kerusakan perangkat lebih detail, mulai dari komponen LCD, speaker, kamera, dan perangkat keras lainnya.
  • Kode *807# : untuk menguji perangkat termasuk LCD, digunakan agar mengetahui apakah ada kerusakan pada layar smartphone Oppo atau tidak.

2. Cek Menggunakan Aplikasi

Bila Anda tidak ingin ribet, Anda bisa coba menggunakan aplikasi yang tersedia di Play Store untuk mengecek kerusakan layar LCD-nya. Cara melakukan pengecekannya ialah sebagai berikut:

  • Pasang dulu aplikasi Screen Test dari Google Play Store: Screen Test.
  • Begitu terpasang, buka deh aplikasinya.
  • Nanti ada dua tombol, Uji dan Exit.
  • Klik tombol ‘Test’ buat cek kondisi LCD.
  • Aplikasinya bakal bikin layar Oppo kamu jadi warna merah, biru, hijau, hitam, dan putih secara bergantian.
  • Kalau ada titik-titik hitam atau dead pixel di layar, berarti LCD-nya bermasalah.
  • Langsung aja deh bawa ke pusat servis Oppo terdekat biar nggak makin parah.
Baca Juga:  Cara Menghapus Email di Hp Oppo Secara Permanen

Kesimpulan

Itulah sedikit tips dan ulasan penting mengenai cara mengecek layar hp Oppo apakah rusak atau tidak. Silahkan Anda ikuti tutorial yang kami tuliskan di atas dan semoga Anda berhasil.

Tinggalkan komentar