Cara Cek Hp Oppo Touchscreen Masih Normal atau Rusak

Touchscreen pada smartphone Oppo adalah salah satu komponen paling vital dan paling rawan rusak. Sebab touchscreen langsung berinteraksi dengan lingkugnan sekitar.

Berbeda dengan baterai yang ada di dalam bodi, jika touchscreen terbentur benda keras maka fungsinya bisa saja tidak normal atau bahkan mengalami kerusakan.

Bahkan tanpa kita sadari, mungkin touchscreen hp Oppo kita saat ini sedang rusak. Sehingga, kita perlu melakukan pengecekan touchscreen pada hp Oppo dengan cara khusus.

Ciri-ciri Touchscreen Hp Oppo Rusak

Kerusakan touchscreen pada HP Oppo bisa menjadi masalah yang mengganggu dalam penggunaan sehari-hari. Salah satu ciri yang umum adalah ketidakresponsifan layar sentuh, di mana pengguna harus menekan beberapa kali atau bahkan tidak ada respons sama sekali.

Selain itu, ghost touches juga menjadi tanda yang sering terjadi, di mana layar secara otomatis melakukan sentuhan tanpa adanya interaksi dari pengguna.

Kerusakan fisik, seperti retakan atau pecahnya layar akibat jatuh atau benturan, sering menjadi penyebab utama dari masalah ini. Selain itu, masuknya air atau cairan lainnya ke dalam perangkat juga dapat merusak komponen layar touchscreen, menyebabkan kerusakan yang serupa.

Selain kerusakan fisik, kerusakan komponen internal seperti kabel fleksibel yang putus atau komponen yang rusak juga dapat menyebabkan masalah pada layar touchscreen.

Gangguan perangkat lunak juga bisa menjadi penyebab masalah, seperti kesalahan konfigurasi. Dalam beberapa kasus, perbaikan masalah perangkat lunak dapat dilakukan dengan mengatur ulang atau memperbarui perangkat lunak.

Baca Juga:  Cara Membuka Oppo Lupa Kata Sandi dengan Panggilan Darurat

Namun, untuk masalah yang lebih serius atau kerusakan fisik, seringkali diperlukan bantuan dari layanan purna jual resmi Oppo atau teknisi profesional untuk diagnosis yang tepat dan perbaikan yang diperlukan.

Cara Mengecek Touchscreen Hp Oppo Rusak atau Tidak

Sekarang kita masuk ke pembahasan inti, inilah cara khusus yang bisa dilakukan oleh pengguna Oppo agar bisa mengecek touchscreen hp Oppo apakah rusak atau normal.

1. Buka Menu Panggilan di Perangkat OPPO Anda

Langkah pertama untuk melakukan pengecekan touchscreen pada smartphone Oppo adalah membuka aplikasi Panggilan atau Phone di perangkat OPPO Anda.

Anda dapat dengan mudah mengaksesnya langsung dari halaman utama perangkat, carilah ikon yang biasanya berwarna hijau dan menyerupai gambaran panggilan telepon.

2. Masukkan Kode Rahasia untuk Memeriksa Touchscreen

Setelah membuka aplikasi Panggilan, langkah selanjutnya adalah memasukkan kode rahasia *#899# untuk memeriksa kerusakan pada touchscreen hp Oppo.

Kode ini akan membuka halaman EngineerMode di mana Anda dapat melakukan berbagai pengujian dan pemeriksaan teknis.

3. Lakukan Pengujian Touchscreen

Setelah masuk ke halaman EngineerMode, Anda akan disajikan dengan berbagai opsi pengujian. Pilihlah opsi manual test, lalu cari dan pilih opsi TouchScreen pada tab Device Debugging.

Setelah itu, Anda dapat memilih mode pengujian yang ingin Anda jalani, seperti HandWriting, Verification, dan Touch screen auto test.

Baca Juga:  Cara Mengubah Bahasa di Hp Oppo A5s ke Indonesia dan Inggris

4. Analisis Hasil Pengujian

Selama proses pengujian, perangkat Anda akan menampilkan bagian-bagian dari layar sentuh yang merespon sentuhan jari Anda. Ini memungkinkan Anda untuk menganalisis dan mengetahui apakah ada kerusakan atau masalah pada bagian tertentu dari touchscreen tersebut.

Dengan demikian, Anda dapat mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk memperbaiki atau mengganti bagian yang bermasalah, jika diperlukan.

Kesimpulan

Pembahasan cara mengecek touchscreen hp Oppo sudah selesai kami rangkum dan bahas. Anda bisa menggunakan tutorial di atas untuk mengecek layar sentuh hp Anda masing-masing.

Tinggalkan komentar